SmartphoneTutorial

5 Cara Mengatasi Memori Smartphone Penuh

Cara mengatasi memori smartphone penuh memori internal ialah salah satu bagian penting dari hp sebab bisa digunakan buat menaruh data seperti aplikasi serta file.

Tetapi apa jadinya apabila kalian mendapatkan notifikasi di hp seperti memori smartphone penuh? lantas bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis. Selain notifikasi ini mengganggu, umumnya memori internal penuh bisa mengakibatkan sistem pada hp berjalan agak lelet.

Cara Mengatasi Memori Smartphone Penuh

Memori internal penuh ini diakibatkan karna banyaknya file yang ditaruh serta aplikasi yang dipasang di hp. Bila kalian mengalami permasalahan tersebut, maka kalian bisa mengatasi permasalahan ini dengan beberapa solusi. Berikut ini cara mengatasi memori smartphone penuh.

Cara Mengatasi Memori Smartphone Penuh

1. Membersihkan Cache Aplikasi

Pada beberapa jenis aplikasi baik itu berupa game, chat, maupun sosial media biasanya memiliki cache yang menumpuk serta memakan banyak sekali kapasitas ruang penyimpanan. Hal ini tentunya dapat menjadi salah faktor besar yang membuat memori internal Kalian penuh. Kalian dapat melakukan Clear Cache pada Aplikasi di menu Settings bawaan smartphone.

2. Menghapus Aplikasi yang Memakan Banyak Data

Biasanya beberapa aplikasi seperti sosial media masa kini akan memiliki data yang memakan banyak kapasitas memori internal Kalian. Maka dari itu Kalian dapat menghapus beberapa aplikasi-aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan tersebut dari smartphone dan sebagai langkah alternatifnya Kalian dapat membuka Aplikasinya dari situs resmi di browser.

3. Menggunakan Micro SD

Memori internal yang penuh biasanya dapat diakibatkan karena terdapat banyak file yang disimpan pada smartphone yang terlalu banyak. Maka dari itu, kalian dapat menggunakan microSD untuk menyimpan data-data seperti foto, lagu, ataupun video.

Sementara itu, kalian sebaiknya tidak dianjurkan untuk memindahkan aplikasi ke dalam microSD karena kecepatan tulis dan bacanya tidak secepat dari memori internal. Bahkan saat ini sudah banyak sistem operasi yang tidak mengizinkan untuk beberapa aplikasi dipindahkan ke dalam microSD karena sering kali menimbulkan masalah.

4. Memindahkan Data ke Dalam SD Card

Apabila hp kalian tidak memiliki dukungan microSD, maka sebaiknya kalian memindahkan file seperti video ataupun gambar yang telah tidak dibutuhkan ke penyimpanan eksternal seperti penyimpanan cloud, HDD eksternal, SSD eksternal, Flashdrive, ataupun penyimpanan Laptop.

Kalian bisa secara mudah menggunakan penyimpanan cloud gratis, seperti Google Drive ataupun OneDrive, secara langsung di smartphone selama mempunyai akses internet. Sementara itu, kalian bisa menggunakan fitur USB On-The-Go apabila mau memindahkan data ke HDD eksternal, SSD eksternal, ataupun Flashdrive dari smartphone.

Ada pula pemindahan file dari smartphone ke penyimpanan Laptop bisa dicoba dengan gampang lewat kabel data. Tetapi saat ini pula sudah ada aplikasi yang memungkinkan pemindahan data ke Laptop secara nirkabel.

5. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Cara mengatasi memori smartphone penuh yang terakhir adalah menggunakan aplikasi Cleaner. Handphone jaman sekarang biasanya sudah mempunyai aplikasi Cleaner bawaan. Tetapi, apabila pada smartphone kalian tidak mempunyai aplikasi Cleaner, maka Kalian dapat langsung mengunduh aplikasi Cleaner pihak ketiga seperti CCleaner, Phone Cleaner, dan lainnya dari Google Play Store.

Biasanya aplikasi Cleaner akan memeriksa smartphone dan menghapus semua file sampah yang tidak diperlukan. Bahkan aplikasi ini juga akan memberikan saran kepada Kalian mengenai foto, dokumen, video, ataupun lagu yang sebaiknya untuk dihapus, duplikasi, atau dipindahkan supaya tidak membuat memori internal penuh.

Demikian artikel dari SuperTititous mengenai cara mengatasi memori smartphone penuh. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat serta membantu kalian yang masih bingung bagaiman cara mengatasi memori smartphone penuh. Terimakasih.

Related Articles

Back to top button